Hereford, Sapi Potong Unggulan

oleh -35 views
Sapi Hereford
Foto : Istockphoto

Panennews.comHereford atau di Indonesia disebut Herpol merupakan sapi non lokal unggulan. Posturnya yang besar membuat sapi jenis ini lebih cocok sebagai pedaging atau sapi potong. Saat ini belum banyak masyarakat yang mengembangbiakannya.

Bentuk dari herpol terbilang unik dan enak di pandang. Postur badan rendah dan tegak dengan empat kaki yang tak terlalu panjang. Hal itu membuat sapi jenis ini terlihat menggemaskan. Warna yang mendominasi umumnya merah dengan penambahan putih di wajah dan perut bagian bawah.

Baca Juga :   Kolibri, Burung Hias Primadona yang Ada di Belahan Dunia

Ciri khas yang dimiliki sapi jenis ini ialah badannya yang gemuk proporsional. Hereford juga memiliki tanduk meski kecil dan melengkung ke bawah kepala. Selain mempunyai ciri-ciri yang mendukungnya sebagai hewan pedaging, kualitas daging sapi ini merupakan unggulan berkualitas tinggi.

Meski memiliki tubuh besar berotot, sapi jenis ini masih terlihat ramping. Tumbuh kembangnya pun terbilang baik sehingga mudah berukuran besar. Bobot untuk jantan dewasa mampu mencapai 900 kg, sedangkan betina berada di kisaran 600 kg.

Sebetulnya bobot besar merupakan bukan faktor utama saat sapi herpol dikembangkan. Konon negara tempat berasal yakni Wales lebih mengutamakan kualitas gizi daging yang tinggi. Tak ayal harga jualnya pun begitu tinggi di pasaran.

Baca Juga :   Tengkek, Si Burung Bersuara Keras

Kini persebaran Hereford sudah berada di mana-mana termasuk Indonesia. Meski di Nusantara masih sedikit dan kebanyakan hasil kawin silang. Bagaimanapun herpol memiliki banyak kelebihan lain seperti mudah di atur dan pakan yang mudah ditemui.

Komentar