Gagah dan Berseri, Begini Informasi Lengkap Ikan Jelawat

oleh -46 views
Ikan Jelawat
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Terkenal dengan sifatnya yang mudah berkembang biak serta beradaptasi dengan baik, ikan Jelawat banyak diminati masyarakat. Selain itu, ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta memiliki nutrisi gizi yang cukup baik.

Nama ilmiah dari ikan jenis ini ialah Leptobarbus hoevenii. Ikan yang sangat lincah dan gesit ini memiliki tubuh yang memanjang layaknya torpedo. Sisik dan mulut yang besar serta lebar membuat ikan ini seakan mirip dengan ikan Karper.

Ikan berukuran mencapai 60 cm ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna cokelat dengan dominan hitam di bagian punggung. Sedangkan pada bagian perutnya berwarna putih perak dan warna merah pada sirip serta ekornya.

Baca Juga :   Toman, Ikan Hias yang Mulai Populer

Sayangnya, masa panen ikan Jelawat terbilang sedikit lama, yaitu lebih dari satu tahun. Tak hanya itu, ikan yang bisa dipanen haruslah memiliki berat sebesar lebih dari satu kilogram. Sehingga, untuk membudidayakan ikan ini memakan waktu yang cukup lama.

Terkenal sebagai ikan yang gagah dan memiliki warna yang berseri, ternyata ikan ini berasal dari perairan danau dan sungai di Pulau Kalimantan dan Semenanjung Malaya. Ikan ini banyak ditemui di kawasan tengah sungai, hilir, bahkan mencapai muara.

Baca Juga :   Ikan Belut, Unik dan Kaya Nutrisi

Kendati demikian, banyak yang berusaha untuk mengembangkan serta membudidayakan ikan Jelawat ini. Ikan ini tentunya dapat menjadi sumber makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi masyarakat.

Komentar