Burung Gemak, Si Puyuh Yang Populer Untuk Diternak

oleh -2,052 views
Burung Puyuh
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Beternak burung merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menguntungkan. Apalagi jika burung itu adalah sejenis burung gemak atau sering disebut burung puyuh. Biasanya burung ini tidak dijadikan sebagai burung hias, melainkan diambil daging dan telurnya.

Nama latin dari burung ini adalah Coturnix Japonica. Ciri spesifik yang membedakan dari burung lain ialah kemampuan terbangnya. Jika kebanyakan burung bisa terbang, namun untuk burung ini tidak bisa terbang.

Selain itu, burung gemak memiliki ukuran tubuh yang gemuk dengan kaki kecil dan pendek. Meskipun tak dapat terbang, burung ini memiliki kemampuan lari yang tidak diragukan lagi. Warnanya pun tak begitu cerah, dan didominasi coklat gelap.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Burung Derkuku

Kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh burung ini tak menghalanginya untuk tetap tersebar di Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika potensi telur yang dihasilkannya pun pasti ada pada tiap daerah.

Biasanya burung ini akan menghasilkan lebih dari 250 telur per tahunnya. Berat dari telurnya pun sangat signifikan jika dibandingkan dengan telur ayam. Bagaimana tidak, jika telur ayam berkisar 4% dari bobot induknya, namun telur puyuh mencapai 9% .

Oleh karena itu, burung gemak bisa menjadi salah satu penghasil pundi-pundi rupiah bagi peternaknya. Keuntungan yang bisa diperoleh peternak juga sangat menjanjikan. Sebab, telur beserta daging burung banyak diminati oleh masyarakat umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.