Burung Dengan Kicau yang Menarik, Burung Decu

oleh -108 views
Burung Decu
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Anda tentu tidak asing dengan burung decu, burung kicau yang memiliki suara merdu nan indah. Sebagai salah satu burung kicau yang ada di Indonesia, popularitasnya cukup tinggi. Membuatnya mudah di temukan di pasaran dan pengepul burung.

Nama latin burung ini adalah Saxicola caprata, menariknya ia memilik nama binominal sinonim, yakni pratincola caprata. Secara fisik, ia memang sedikit mirip dengan burung kacer, apalagi dengan ukuran yang sama-sama kecil. Namun sebenarnya, ia berukuran lebih kecil.

Baca Juga :   Food Estate, Plt. Gubernur Kalteng Kunjungi Lolit Sapi Potong Grati

Selain suaranya yang merdu, ciri khas burung ini adalah warna bulunya yang didominasi oleh warna hitam, dengan sedikit garis putih di sekitar sayap dan bagian ekor. Sedangkan burung decu betina memiliki warna yang lebih terang, seringkali berwarna coklat.

Burung ini aktif di bulan April hingga September, jadi Anda bisa mengembang biakkannya di pertengahan sampai akhir tahun. Untuk sekali bertelur, betinanya hanya mengeluarkan 3-4 butir saja, untuk kemudian ditetaskan dan menjadi anakan.

Habitat burung ini banyak ditemui di sekitar daerah dengan iklim yang sedang sampai kering. Dapat ditemukan dengan mudah di daerah perbukitan sampai pegunungan dengan tinggi maksimal 2.400 meter diatas permukaan laut.

Komentar

No More Posts Available.

No more pages to load.