Branjangan, Burung Kecil Namun Bersuara Merdu

oleh -19 views
Burung Brajangan
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Bicara mengenai hewan peliharaan, burung merupakan opsi yang sangat tepat. Untuk para pecinta burung, tentunya sudah akrab dengan Burung Branjangan. Burung tersebut banyak dipelihara karena bersuara merdu dan dapat diperlombakan.

Dengan ukuran yang sangat kecil antara 10-14 centimeter, membuat burung yang bernama ilmiah Mirafra javanica tersebut terlihat sangat lucu. Dengan bulu kuning kemarahan dan bercorak hitam menambah daya tarik dari burung tersebut.

Branjangan sangat dikenal dengan suara yang sangat lantang dan jambul yang sangat indah. Biasanya burung tersebut sering dijumpai di padang rumput. Dengan ukuran tubuh yang sangat kecil, burung tersebut dikenal dengan burung yang sangat lincah saat terbang maupun saat berada di atas tanah.

Baca Juga :   Inkopsim Fasilitasi Peternakan Ayam Potong di Pesantren

Oleh karena itu, banyak dari para pecinta burung membudidayakan burung tersebut selain untuk dinikmati suaranya, juga sering dijadikan ajang perlombaan. Sehingga membuat burung pengicau tersebut memiliki harga yang cukup mahal.

Burung kicau yang satu ini sangatlah dikenal di beberapa benua, dari Afrika, Asia, dan Australia. Khususnya di Indonesia, persebaran burung ini sangatlah banyak, khususnya di Pulau Jawa, Kalimantan hingga Papua.

Tidak diragukan lagi, selain memiliki kicauan yang sangat keras dan merdu, burung Branjangan juga dikenal sebagai burung yang sangat pintar. Oleh sebab itu, burung tersebut menjadi jenis burung yang sangat diminati selain mudah ditemui dan perawatan yang mudah untuk dijadikan peliharaan.

Komentar