Bekisar, Ayam Hasil Persilangan yang Indah

oleh -18 views
Ayam Berkisar
Foto : Wikimedia Commons

Panennews.com – Persilangan pada hewan terkadang perlu dilakukan. Hal itu agar tercipta ras yang lebih indah serta unggul. Salah satu hasil kawin silang pada ayam ialah bekisar. Ayam jenis ini merupakan produk kawin silang dari ayam kampung betina dengan ayam hutan hijau.

Bentuk ayam hias dengan nama latin Gallus varus ini bergantung dari indukannya. Bisa dibilang perpaduan dari induk mempengaruhi tampilannya. Perpaduan bisa meliputi sifat, postur serta suaranya yang seperti ayam hutan hijau. Sedangkan tampilan bulu lebih menyerupai ayam kampung.

Baca Juga :   Rumput Gajah, Alternatif Pakan Ternak Yang Murah dan Mudah

Ciri utama dari bekisar yaitu bentuk lebih kecil dibanding ayam kampung jantan. Bobot tubuh pun tak lebih dari 2 kg. Selain itu, pada bagian bulu leher menampilkan bentuk lonjong ataupun bulat. Mengenai warna akan sesuai dengan indukan betina meski sifat akan menyerupai ayam hutan hijau.

Perpaduan efektif demikian membuat ayam ini begitu populer saat ini. Bahkan banyak di adakan festival sabung maupun kontes suara untuk ayam jenis ini. Bila Anda ingin memelihara maka pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang serta beri suplemen khusus agar staminanya tetap terjaga serta kualitas suara mumpuni.

Baca Juga :   Ayam Kate, Ayam Hias Yang Mungil

Ayam hasil persilangan ini merupakan hewan asli dari Pangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kian tahun popularitas ayam ini terus melonjak hingga tak kalah populer di berbagai tempat lain seperti Jogja, dan Sumatra.

Lebih jauh berkat kepopulerannya tak ayal kini bekisar menjadi maskot propinsi Jawa Timur. Mengingat keindahan yang ditawarkan membuat ayam jenis ini begitu populer untuk di pelihara. Tak jarang masyarakat menjadikannya hewan kesayangan.

Komentar