Bajak Subsoil, Alat Pengolah Tanah Primer Sebelum Proses Pengolahan Tanah Selanjutnya

oleh -12 views
Ilustrasi Bajak Sawah
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Beragam teknologi pengolahan tanah modern diciptakan dengan spesifikasi berbeda yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda pula. Salah satunya adalah bajak subsoil yang merupakan sebuah perangkat pengolahan tanah primer.

Pada pengolahan tanah primer, adalah pengolahan paling awal untuk memperbaiki kondisi tanah. Alat ini memiliki bentuk menyerupai tajak berukuran besar yang disusun pada sebuah rangka. Komponen penyusunnya adalah tajak dan 2 buah roda untuk trasportasi.

Tidak seperti jenis alat pengolah tanah lainnya, bajak subsoil ini memiliki ciri-ciri dari bentuk yang berbeda. Adanya tajak di bagian bawah sebagai komponen utama ini adalah pembedanya. Bagian ini memiliki fungsi yang berbeda dengan jenis alat pengolah tanah lainnya.

Baca Juga :   Tips Pemupukan Cabai Sesuai dengan Umur Tanamannya

Fungsi utama dari alat ini berbeda dengan alat pengolah tanah lainnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, alat ini merupakan alat pengolah tanah primer yang artinya, fungsi utamanya adalah untuk memperbaiki kondisi tanah. Alat ini berfungsi untuk memecah tanah, sebelum kemudian tanah dibajak.

Cara kerja dari alat ini bergantung pada tajaknya yang mampu memecah tanah hingga kedalaman 20-36 inchi. Bagian tajak yang merupakan bagian utama kemudian disusun pada sebuah rangka yang kemudian ditarik oleh tenaga penggerak. Tenaga pengferak ini biasanya adalah traktor.

Baca Juga :   Canggih, Alat Gejik Modern Ini Buatan Petani Lamongan

Dengan mengetahui masing-masing nama alat pengolah tanah beserta fungsinya, kini Anda bisa membedakan jenis alat pengolah tanah tersebut. Termasuk diantaranya adalah alat pengolah tanah primer bajak subsoil ini.

Komentar