Ayam Orpington dan Keistimewaannya

oleh -14 views
Ayam Orpington
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Apabila Anda mencari ayam untuk dipelihara sebagai ayam hias namun masih tetap bisa dikonsumsi, maka ayam orpington merupakan pilihan yang tepat. Pada aba ke-19, ia mulai diternakkan untuk diambil dagingnya, dan dipertunjukkan sebagai jenis burung hias.

Nama latin ayam ini adalah gallus gallus domesticus orpington, sebab ia merupakan ayam domestik yang dikembangbiakkan, membuatnya tidak memiliki nama latin spesifik. Warna asli ayam ini biasanya hitam, putih, kecoklatan, dan campuran antara ketiganya.

Ayam orpington memiliki ukuran yang cukup besar, pejantannya memiliki berat maksimal sampai 4,5 kg, sedangkan betinanya sekitar 3,6 kg untuk tiap ekornya. Ayam ini memiliki bulu yang halus dan tebal. Ukuran kakinya sedikit lebih kecil dibandingkan ayam kebanyakan.

Dalam satu tahun, ayam ini bisa menghasilkan hingga 200 butir telur setiap tahunnya, jadi jika ingin memelihara dan mengembangkannya, Anda bisa melakukannya sepanjang tahun. Setelah mencapai usia satu bulan, Anda bisa menjualnya.

Orpington merupakan ayam asli dari daerah Inggris, dan diternakkan sejak tahun 1885. Daerah selatan Inggris, yakni Kent merupakan tempat dimana ayam ini dikembangbiakkan paling banyak. Ayam ini merupakan persilangan dari ayam minocras, langshans, dan plymouth rocks.

Menariknya, ayam orpington memiliki klub sebagai media tukar menukar informasi, yakni Orpington Bantam Club. Di negara lainnya, seperti Amerika dan Australia, terdapat United Orpington Club dan Orpington Club of Australia sebagi asosiasi kumpulan peternak ayam ini.