Ayam Kokok Balenggek, Produk Lokal yang Patut Dijaga

oleh -817 views
Ayam Kokok Balenggek
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Jenis dan ras ayam memiliki banyak variasi. Setiap jenis menawarkan keindahan corak warna maupun bulu yang menawan. Tapi tahukah Anda, ada satu jenis ayam lokal Indonesia yang tak kalah indah. Ya itulah ayam kokok balenggek.

Ayam asli lokal Nusantara ini memiliki bentuk khas dengan tampilan tegak layaknya gagah berani. Tampilan yang demikian kemudian ditambah dengan suara merdu nan keras yang tentunya menambah keindahan. Setiap pagi Anda akan dibangunkan dengan suara khasnya.

Ciri utama pada ayam jenis ini ialah bentuk jengger bergerigi berwarna merah. Pada jengger pun hanya tunggal sehingga terlihat menawan. Lalu pada warna pun bervariasi ada yang merah, kuning, putih ataupun perpaduan di antaranya.

Baca Juga :   Ragam Pakan untuk Bebek Sesuai Kebutuhan

Selain itu, ayam balenggek dikenal dengan suaranya yang merdu. Bahkan durasi berkokoknya mampu berturut-turut lebih dari 2 detik. Tak ayal ada pula kontes suara selain kontes sabung. Jika ingin beternak mengenai perawatan yang harus dijalani tak terlalu beda dengan jenis lain.

Hal terpenting ialah rajin dalam merawat kebersihan ayam dan kandang. Tak lupa berikan pakan secara teratur bisa berupa serangga atau hewan kecil ataupun fur ayam. Bila di pelihara dengan baik, produksi telur mampu mencapai 60 butir pertahun.

Baca Juga :   Pakan Tinggi Protein Ini, Bikin Bobot Kambing Meningkat

Sayangnya jumlah ayam balenggek terus berkurang. Sehingga perlu kelestarian yang baik agar produk lokal ini tetap terjaga. Apalagi beberapa ciri-ciri yang dimiliki menampilkan keunikan yang tidak dimiliki ayam jenis lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.