Ayam Hutan Sri Langka, Ayam Nasional Bangsa Tamil

oleh -1,153 views
Ayam Sri Langka
Foto : Flickr

Panennews.com – Anda mungkin asing dengan ayam hutann Sri Langka, sebab ia merupakan ayam yang di impor dari negara dengan nama yang sama, yakni Sri Langka. Nama lain ayam ini di pasaran adalah ayam ceylon, dan ia termasuk dalam burung nasional di negara asalnya.

Nama latin dari ayam ini adalah gallus lafayeti dan memiliki kerabat dekat dengan ayam hutan merah, yang mana merupakan leluhur dari ayam ternak yang dipelihara di seluruh dunia. Antara ayam jantan dan betina akan terlihat perbedaan yang mencolok.

Baca Juga :   Branjangan, Burung Kecil Namun Bersuara Merdu

Misalnya saja, ayam jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan betina, dengan berat antar 800 sampai 1150 gram. Jadi, ketika ia dibandingkan dengan ayam ternak pada umumnya, ayam hutan Sri Langka jauh lebih berotot dan memiliki ukuran yang besar.

Sedangkan betina memiliki ukuran yang lebih kecil, dengan berat antar 500 sampai 650 gram untuk tiap ekornya. Apabila Anda hendak mengembangkannya sebagai ayam hias untuk dipelihara, Anda bisa mulai membudidayakannya pada usia satu bulan.

Sesuai namanya, ayam ini endemik dan hanya ditemukan di daerah Sri Langka. Wilayah yang memiliki sebaran ayam ini paling banyak, berada di Sinharaja, Kitulgala, dan Yala. Awalnya ayam hutan ini terancam punah, namun kini telah dicoba untuk dikembangbiakkan.

Baca Juga :   Mentan SYL Pastikan PMK Pada Hewan Ternak Terus Menurun

Ayam hutam Sri Langka sangat mahal di pasaran, sebab ia hanya bertelur 3 sampai 4 buah dalam sekali bertelur. Harga ayam jantan jauh lebih mahal, bahkan dua kali lipat dari ayam betinanya. Ayam ini terkenal karena bulunya yang tebal dan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.