Ayam Batik, Jenis Ayam Hias yang Mendunia

oleh -279 views
Ayam Batik
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Ayam batik merupakan jenis ayam hias dengan tampilan yang rupawan. Ukuran hewan ini serupa dengan ayam kate tetapi tampilan corak bulu serta warnanya begitu rapi dan indah. Tak ayal ayam jenis ini begitu digandrungi di seluruh dunia.

Bentuk ayam dengan nama latin sebrict ini begitu menawan. Hal itu terlihat dari warna bulu yang terlihat berbentuk dengan motif batik layaknya motif sisik pada ikan. Tampilan yang demikian menambah eksotis jenis ayam hias yang satu ini.

Baca Juga :   Kementan: Pemerintah Konsisten Perjuangkan Peternak Rakyat Mandiri

Lebih jauh, motif warna bulu pada ayam jenis ini akan nampak lebih indah dengan warna dasar yang kebanyakan berwarna cokelat maupun putih keperakan. Sedangkan bobot ayam jenis ini tidaklah besar. Pada masa dewasa, bobot pejantan hanya dapat mencapai 500-600 gram saja.

Beternak ayam batik (sebrict) belum banyak dilakukan masyarakat. Butuh perawatan khusus serta harganya yang mahal menjadi faktor utama. Ayam jenis ini sebetulnya rajin bertelur meski induknya jarang mau mengerami. Usia produktif untuk di kawinkan amat bagus pada umur 8-12 bulan.

Baca Juga :   Gubernur NTB: Investasi di Peternakan Sulit, Butuh Keberanian dan Komitmen

Meski disebut dengan ayam batik, nyatanya habitat asli ayam jenis ini bukanlah asli Indonesia. Ayam dengan bulu indah ini berhabitat asli di benua Eropa. Beberapa sumber mengatakan bahwa ayam jenis ini mulai dibudidayakan di negara asalnya, Inggris.

Mengingat keindahan sebrict yang demikian maka tak salah jika Anda ingin membudidayakannya. Selain bagus sebagai hewan peliharaan hias, harga jual ayam mini ini pun terbilang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.