African Jewelfish, Ikan dengan Adaptasi Paling Bagus

oleh -20 views
African Jewelfish
Foto : Shutter Stock

Panennews.comAfrican jewelfish sering kali disebut sebagai ikan yang mampu beradaptasi dengan sangat cepat. Bagaimana tidak? Jika biasanya ikan lainnya hanya bisa hidup pada jenis air tawar atau air garam saja, maka ikan satu ini bisa hidup dengan beradaptasi pada kedua media tersebut.

Nama ilmiahnya dikenal sebagai Hemichromis bimaculatus yang sudah masuk dalam keluarga Cichlidae. Karakteristik ikan ini memiliki sifat yang cukup kuat karena pergerakannya juga termasuk sangat gesit.

Ciri khasnya adalah memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu panjang dan lebar yang begitu proporsional. Untuk warnanya, ikan ini memiliki beberapa corak yang cukup unik, yakni warna oranye di bagian siripnya dan sedikit warna hitam di tubuhnya.

Hal penting yang perlu diketahui dari ikan ini adalah adanya daerah kekuasaan yang cenderung dimiliki. Maka apabila memang ingin membudidayakannya, pastikan untuk memisahkan antara spesies berkelamin jantan dan betina.

Jumlah persebaran ikan African jewelfish tidak sama seperti ikan hias lainnya karena terbilang lebih sedikit. Hal ini karena belum terlalu banyak orang yang mengetahui keberadaan ikan ini padahal ada banyak keistimewaan yang bisa dilihat.

Meskipun persebarannya tidak terlalu luas, ada banyak kolektor ikan hias yang menaruh perhatian khusus pada African jewelfish. Hal ini karena tidak hanya tampilannya yang cantik, ikan ini merupakan salah satu jenis yang cukup aktif.