Tuba, Buah Beracun Pengusir Serangga

oleh -14 views
Tuba
Foto : Filckr

Panennews.com – Tuba merupakan jenis tumbuhan langka yang memiliki manfaat cukup mengejutkan. Alih-alih untuk dimakan, tumbuhan ini ternyata memiliki buah yang beracun dan akan efektif apabila diberikan kepada ikan atau sejenis serangga.

Bentuk daunnya cukup unik, yakni menyirip dalam jumlah yang ganjil. Tumbuhan dengan nama ilmiah Derris elliptica ini bisa tumbuh liar dengan baik di pekarangan ataupun di semak-semak hutan yang keberadaannya jauh dari kawasan penduduk.

Lalu, ciri-ciri tumbuhan tuba adalah memiliki tinggi pohon sekitar 10 meter. Rantingnya tampak tidak terlalu kuat dan warnanya kecokelatan. Pada bagian rantingnya juga terdapat bintik kecil yang tampak mirip seperti jerawat,

Baca Juga :   Rekomendasi Strategi Pemasaran Sayuran yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tumbuhan ini memang tidak dibudidayakan secara khusus, tetapi dibiarkan hidup secara liar. Meski begitu tetap ada beberapa petani yang merawatnya karena bisa digunakan sebagai bahan pengusir serangga atau pestisida. Masa panennya juga tidak menentu, tergantung curah hujan yang diperoleh.

Persebaran tumbuhan ini paling banyak ditemukan di Pulau Jawa. Hidupnya pada tempat-tempat yang sangat beragam, baik itu dataran rendah maupun tinggi. Namun, apabila ingin segera tumbuh menghasilkan buah yang banyak harus ditanam di dekat hutan atau tepi sungai.

Baca Juga :   Kacang Panjang, Tanaman Sayur Favorit Banyak Orang

Tumbuhan tuba memang hanya familiar di kalangan orang-orang yang akrab di bidang pertanian. Hal ini karena kegunaannya yang cukup unik. Kini beberapa orang telah menemukan fakta jika tumbuhan ini bisa digunakan sebagai bahan pengobatan.

Komentar