Terung, Sayur Tahunan yang Digemari Banyak Orang

oleh -9 views
Terung
Foto : Getty Images

Panennews.com – Sebagai daerah tropis, Indonesia memiliki kelebihan berupa tanah yang sangat subur dan dengan mudah membudidayakan berbagai jenis tumbuhan. Terung termasuk dalam jenis tumbuhan yang bisa hidup dengan baik di Indonesia.

Bentuk buahnya tampak lonjong dengan panjang sekitar 5-7 cm. Tumbuhan ini lebih banyak hidup di daerah perkebunan karena memang membutuhkan tempat budidaya yang terawat. Nama latinnya adalah Solanum melongena karena masuk ke dalam kelas solanaceae.

Untuk ciri-cirinya, tumbuhan ini memiliki tinggi pohon sekitar 225 cm atau sekitar hitungan 7 kaki. Daunnya berbentuk hati dengan lebar sekitar 12 inci. Uniknya meskipun buahnya tampak sedikit berat, batang yang tipis tampak terlihat kokoh.

Baca Juga :   Lengkuas, Bumbu Masakan Khas Nusantara

Metode yang digunakan dalam proses penanamannya adalah semai dan apabila telah tumbuh setidaknya 4 daun, maka bisa dilanjutkan pada proses penanaman. Tumbuhan ini tidak terlalu banyak membutuhkan air sehingga dalam waktu kurang lebih 80 hari sudah bisa langsung dipanen.

Daerah yang paling banyak menanam tumbuhan ini adalah pedesaan. Biasanya, letaknya berada di belakang rumah atau di pekarangan. Hal ini karena pertumbuhan dari tumbuhan terung tidak membutuhkan lahan yang luas.

Menjadi jenis tumbuhan yang digunakan sebagai sayur, terung memiliki cita rasa yang sangat nikmat, terlebih apabila selesai diolah. Sudah banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tumbuhan ini sehingga keberadaannya tidak sulit untuk didapatkan.

Komentar