Tentang Ikan Mujair, Salah Satu Jenis Ikan Tawar Lokal

oleh -399 views
Ikan Mujair
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kebanyakan dari Anda tentu tahu tentang ikan mujair. Ikan ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tak ayal banyak sekali peternak yang memilih untuk budi daya ikan yang satu ini. Habitat asli ikan jenis ini ialah di sungai-sungai maupun rawa dengan kondisi air yang tenang.

Bentuk ikan air tawar ini begitu khas dan mudah sekali di ingat. Anda dapat melihat bagian sisik lebat pada bagian tubuh. Sedangkan sirip pada sirip punggung dikenal cukup tajam. Ikan jenis ini memiliki bentuk bulat pipih dengan kondisi punggung yang lumayan tinggi.

Baca Juga :   Cara Unik Merawat Si 'Mungil' Ikan Guppy

Ikan dengan nama latin Oreochromis mossambicus senang sekali bergerombol satu sama lain untuk mencari mangsa. Mangsa pada habitat asli ialah plankton serta cacing-cacing kecil. Ikan ini suka sekali berada di perairan yang tenang seperti di danau, sungai maupun kolam.

Selain itu, ikan mujair juga dikenal sangat bandel. Dalam artian mudah beradaptasi di tempat yang sulit sekalipun. Hal demikian tentu menjadi keuntungan peternak yang bisa menempatkan di manapun untuk budi daya. Meski pertumbuhan maksimal bisa diperoleh saat di air yang tenang.

Baca Juga :   Ternyata Ini Pakan Terbaik Yang Paling Disukai Ikan Discus

Ikan jenis ini sangat aktif pada siang hari. Lebih suka bergerombol dalam mencari mangsa berupa plankton maupun alga. Anda bisa memberinya cacing maupun pelet dan dedaunan jika ingin membudidayakannya. Masa panen terbaik ialah saat ikan memasuki usia 5 bulan.

Membudidayakan ikan mujair tidaklah sulit. Sebab ikan jenis ini dikenal sangat bandel dan mudah beradaptasi. Apalagi pasar begitu getol menjual ikan jenis ini. Mengingat rasa dagingnya yang gurih dan lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.