Tanaman Rami, Tanaman Perdu Untuk Bahan Baku Tekstil

oleh -7 views
Tanaman Rami
Foto : Wikimedia

Panennews.com – Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati, seperti flora dengan manfaat dan kegunaan yang sangat beragam. Salah satunya adalah tanaman Rami yang umumnya dimanfaatkan sebagai bahan baku alternatif untuk membuat tekstil selain kapas.

Tanaman dengan nama latin Boehmeria nivea ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya di Jawa Barat yang dikenal dengan nama haramay, di Sulawesi dikenal dengan nama Gambe dan lain sebagainya.

Tanaman Rami ini memiliki panjang mulai dari 2 hingga 3 meter. Permukaan daunnya berwarna hijau, dan merupakan daun tunggal serta memiliki bulu di bagian punggung. Bagian bawah daunnya berwarna keputih-putihan. Bagian serat kulit kayunya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan tekstil.

Baca Juga :   Kopi Baringga Wujud Dedikasi Prajurit TNI Untuk Masyarakat

Sebagai salah satu bahan untuk tekstil, tanaman ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan kapas. Karena itu, tanaman ini juga banyak dibudidayakan. Untuk budidaya tanaman ini hingga waktu panen, dibutuhkan hingga 3-4 bulan dalam kondisi drainase yang baik.

Tanaman ini termasuk dalam tanaman tropis. Karena itu tak sulit menemukan jenis tanaman ini di Indonesia. Selain itu, tanaman ini juga bisa ditemukan di beberapa negara lain seperti Thailand, Myanmar, Vietnam hingga Brasil.

Selain kapas, ada pula tanaman lain yang dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku pembuat tekstil. Tanaman itu adalah Tanaman Rami. Tanaman ini tergolong tumbuhan tropis sehingga mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan tinggi.

Komentar