Rotavator, Alat Pencacah dan Pembalik Tanah

oleh -65 views
Rotavator
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Perkembangan teknologi turut dimanfaatkan dalam bidang pertanian guna memudahkan pengolahan lahan dan pertanian. Salah satunya adalah dengan munculnya beragam alat pertanian modern, seperti rotavator misalnya. Tidak hanya itu, hasil yang didapatkan pun semakin meningkat.

Alat pertanian bernama rotavator ini memang sedikit mirip dengan traktor. Alat ini merupakan sebuah mesin bermotor yang memiliki bilah berputar. Bagian bilah berputarnya inilah yang berfungsi untuk membalik tanah.

Ciri-ciri alat pertanian ini adalah adanya bilah berputar yang berada di bagian bawahnya. Bagian atas dari bilah berputar ini terdapat bagian mesin. Kemudian di bagian paling atas terdapat bagian yang nantinya dikaitkan ke tenaga penggerak untuk menggerakkan alat ini.

Baca Juga :   Dirumah Aja, Belanja Ikan Segar Dari Pasar Modern Muara Baru Dengan Aplikasi ini

Fungsi utama dari alat pertanian modern satu ini adalah untuk pengolahan tanah pertama dan kedua. Pengolahan tanah pertama sifatnya mencacah, memotong dan membalik-balikkan lapisan tanah. Sedangkan pengolahan tanah kedua adalah untuk merapikan kembali.

Cara kerjanya, pada pengolahan tanah tahap pertama, tanah dipotong, dicacah kemudian dibolak balikkan. Setelah itu, tanah dirapikan kembali sekaligus menghilangkan dan membersihkan tanaman yang dianggap mengganggu (gulma). Terakhir, alat ini kemudian bekerja untuk memperbaiki tata air.

Dengan adanya alat pengolah tanah modern ini, tentu akan sangat memudahkan pekerjaan para petani. Apalagi untuk proses pengolahan tanah terbilang sulit, dengan menggunakan alat bernama rotavator ini, prosesnya bisa lebih mudah dan lebih cepat.

Komentar