Pohon Jati Kaya Manfaat Untuk Furniture

oleh -17 views
Pohon Jati
Foto : Getty Images

Panennews.com – Seperti yang sudah Anda ketahui, ada banyak sekali jenis tanaman di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara dengan iklim tropis yang memiliki tanah sangat subur. Sehingga banyak sekali tanaman yang dapat hidup di sini, seperti pohon Jati.

Pohon yang dapat menghasilkan kayu dengan kualitas tinggi ini memiliki nama latin Tectona grandis. Asal katanya sendiri dari bahasa Malayalam yang ada di India Selatan. Lalu dalam bahasa Inggris, pohon ini dikenal dengan sebutan teak.

Tinggi pohon Jati bisa mencapai 40 meter dengan diameter batang antara 1,8-2,4 meter. Tetapi, rata-rata tingginya hanya 9-11 meter dengan diameter 0,9-1,5 meter. Pohon yang menggugurkan daunnya untuk mempertahankan diri ini memiliki daun ellips berukuran besar, meski tangkainya pendek.

Baca Juga :   Bintaro, Tumbuhan Penuh Racun Yang Dilindungi

Kayu pohon ini memiliki kualitas nomor satu lantaran kekuatannya. Untuk masa panen pohon ini cukup bervariatif. Setelah umurnya mencapai 4-5 tahun, pohon sudah bisa dipanen. Akan tetapi, jika ingin harganya lebih mahal, Anda bisa memanen pada usia 6-7 tahun atau lebih.

Di negara lain, pohon ini juga bisa Anda jumpai. Tectona grandis ini sudah menyebar luas, mulai dari negara India, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos dan akhirnya di Jawa. Pohon Jati ini banyak ditemukan di Burma, lantaran Burma memproduksi pasokan kebutuhan dunia hingga 70%.

Baca Juga :   Nibung, Pohon Kayu Khas Provinsi Riau

Itulah beberapa hal mengenai pohon Jati yang perlu Anda ketahui. Pohon ini memiliki banyak sekali manfaat. Kayunya yang kuat akan dimanfaatkan untuk membuat lemari, kusen, jendela, meja, kursi, dan berbagai bahan furniture lainnya.

Komentar