Mengenal Sayuran Buah Kacang Kapri

oleh -3 views
Kacang Kapri
Foto : Getty Images

Panennews.com – Ada berbagai jenis sayuran dengan manfaat yang beragam. Seperti salah satunya yang masuk dalam suku polong-polongan, kacang kapri. Tanaman ini pasti sudah tidak asing dan sering dijumpai pada beberapa jenis olahan di Indonesia. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya.

Kapri yang memiliki nama latin Pisum sativum ini tergolong dalam tumbuhan sayur buah. Artinya, yang dimanfaatkan untuk sayur adalah bagian buah dari tumbuhan ini. Namun, buahnya juga tidak dikelompokkan dalam kategori buah-buah seperti apel atau yang lainnya.

Baca Juga :   Kenal Lebih Dekat Dengan Bengkuang, Si Umbi Segar Khas Tropis

Bagian buah dari tanaman kapri yang banyak dimanfaatkan memiliki bentuk pipih dan lunak saat masih muda. Buah bertipe polong ini memang hanya dimanfaatkan saat masih muda. Ketika sudah tua, polong kapri cenderung berserat tebal sehingga tidak enak saat dimakan.

Penanaman kacang kapri ini sendiri tidak terlalu sulit. Penanaman paling efektif dilakukan di atas tanah yang gembur. Untuk sampai pada tahap panen, biasanya diperlukan waktu kurang lebih 60 hari sejak pertama tanam. Panennya pun hanya bisa setiap 3 hari sekali dan harus dihentikan setelah 5 sampai 8 kali panen.

Baca Juga :   Jahe, Rempah-Rempah Penghangat Badan

Tanaman ini tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, dengan kondisi tanah gembur. Di Pulau Jawa sendiri banyak wilayah yang mulai membudidayakannya. Budidaya tanaman ini pun mulai merambah hingga Bali dan seluruh wilayah Indonesia lain.

Kacang kapri ini merupakan sayuran yang mungkin sering ditemukan di dalam sop atau berbagai jenis masakan lain. Karena banyak dicari, banyak pula yang kemudian mengembangkannya.

Komentar