Mengenal Keunikan dan Kecantikan Burung Gelatik

oleh -652 views
Burung Gelatik
Foto : Getty Images

Panennews.com – Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil alamnya. Tak hanya buah dan tumbuhannya saja, melainkan juga hewannya. Salah satu spesies yang bisa dibanggakan ialah burung gelatik. Burung ini berasal dari Indonesia bagian selatan.

Burung yang terkenal dengan nama latin padda ini ternyata juga cukup populer bagi para pecintanya. Sebab burung ini bisa dijadikan sebagai burung hias sekaligus burung kicau untuk berbagai macam perlombaan.

Ciri khas burung gelatik ini terbilang cukup unik. Bagaimana tidak, dengan kepala yang berwarna hitam dilengkapi paruh tebal berwarna merah dan juga pipinya yang putih membuatnya mudah dikenali. Kicauannya pun terdengar sangat indah dan bercericip.

Baca Juga :   Membuat Jamu untuk Ayam Jago yang Praktis

Makanan utama dari burung ini adalah biji-bijian dan padi. Untuk itu burung ini bisa dikelompokkan dalam jenis herbivora. Selain itu burung kecil yang cantik ini terbiasa hidup berkelompok dan memiliki 2 jenis yaitu timor (P. oryzivora) dan jawa (P. Fuscata).

Selain itu, burung ini memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Terbukti burung ini mampu menyebar luas pada daerah Maluku, Sulawesi bahkan Malaysia, Australia, Filipina, dan Sri Lanka. Meskipun daerah asalnya dari Jawa, Bali, dan Madura.

Luasnya persebaran burung gelatik memudahkannya untuk bisa dikenal banyak orang. Hanya membutuhkan waktu 1 tahun burung ini sudah bisa dijual menjadi burung kicau yang cantik dan menawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.