Mengenal Kencur, Tanaman Rempah Khas Tropis

oleh -6 views
Kencur
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kencur merupakan tanaman yang masuk dalam kategori rempah-rempah. Tanaman tersebut sering diolah menjadi bumbu masakan dan juga jamu yang menyehatkan. Tanaman ini banyak ditemui di Indonesia dan biasa tumbuh di pekarangan.

Tanaman bernama ilmiah Kaempferia galangal ini masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Tanaman tersebut tidak berbatang dan memiliki banyak rhizoma yang ditumbuhi oleh cabang, danal inilah yang mampu membuatnya hidup sebagai tanaman perennial.

Kencur memiliki rhizome berwarna abu-abu yang memiliki panjang hingga mencapai 70 cm. Kemudian tanaman ini pun mempunyai bunga dengan 4 helai mahkota yang berbau harum. Lalu terdapat juga daun yang agak lebar dengan daging yang tersembunyi di dalam tanah.

Baca Juga :   Tuba, Buah Beracun Pengusir Serangga

Kemudian kapan waktu terbaik untuk memanen rempah-rempah ini? Sebenarnya umbi yang dibawanya sudah bisa dipanen pada umur 6 – 8 bulan. Namun, jika keperluannya untuk pembibitan maka sebaiknya panen dilakukan saat sudah mencapai usia 12 bulan.

Tanaman rempah ini merupakan tumbuhan tropis sangat cocok dengan iklim di Indonesia. Tanaman ini pun cukup fleksibel karena tumbuh dengan baik meski di dataran tinggi maupun rendah. Namun daerah yang paling optimal adalah dataran rendah bertanah kering yang berada 1000m dari permukaan laut.

Baca Juga :   Bagaimana Penanaman dan Perawatan Pada Tanaman Ketumbar

Seperti itulah sedikit penjelasan untuk tanaman Kencur. Tanaman ini dikenal memiliki beragam manfaat bagi terutama bagi kesehatan. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik menanamnya. Anda pun bisa menanamnya dengan mudah di pot ataupun pekarangan.

Komentar