Mengenal Karakteristik Unik Sapi Brahman

oleh -657 views
Sapi Brahman
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Membahas soal sapi belum lengkap jika belum menyebut sapi Brahman. Merupakan sapi berasal dari India yang mampu berukuran sangat besar. Bobot pejantan dewasa bahkan mampu mencapai 800 sampai dengan 1100 kg.

Bentuk sapi ini terbilang mudah sekali diingat dengan punuk besar pada bagian punggung. Saat ini sapi keturunan Zebu ini belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Meski sudah ada beberapa tetapi kebanyakan merupakan hasil persilangan.

Ciri utama dari sapi ini ialah memiliki telinga besar yang menggantung kendur. Selain itu, tampilan punuk juga terlihat begitu menonjol di bagian punggung depan. Sapi Brahman juga dikenal memiliki gelambir dari leher sampai bawah kepala. Sekali Anda melihat maka akan mudah untuk mengingat jenisnya.

Baca Juga :   Domba Compass Agrinak, Hasil Persilangan Tiga Bangsa

Lebih jauh, sapi ini juga dikenal cerdas dan mudah beradaptasi. Perlakuan pemilik akan mempengaruhi karakter si sapi nantinya. Apabila Anda memelihara dengan pelakuan halus maka sapi yang juga pemalu ini akan mudah menurut serta cepat tumbuh.

Bila ingin memelihara sapi asal India ini sebetulnya tidak ribet. Apalagi sapi ini dikenal mudah beradaptasi dan tahan untuk hidup di iklim tropis. Pastikan dahulu menemukan bibit pedet yang berkualitas. Bagaimanapun pemilihan bibit yang proporsional, sehat, dada lebar menjadi penentu pengembangbiakan.

Baca Juga :   Mau Ternak Kambing?, Ini 3 Metode Penting Penggemukan Pada Kambing Potong

Perlakuan pemilik akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Jadi pastikan Anda selalu menjaga hal terpenting tersebut. Meski dikenal banyak kelebihan, sapi Brahman juga memiliki kekurangan yakni proses kembang biak yang lamban. Sapi dewasa butuh waktu lama untuk kembali kawin setelah melahirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.