Mengenal Ikan Tombro, Ikan Dengan Sisik Mencolok

oleh -3,887 views
Ikan Mas
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Anda pasti kenal atau pernah mendengar nama ikan tombro. Beberapa masyarakat lebih sering memanggilnya ikan mas. Hal itu mengingat warna-warni dalam bentuk tubuh ikan yang satu ini. Jenis ikan ini sudah begitu populer dan disukai masyarakat.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ikan ini memiliki warna bervariasi. Bentuk tubuhnya umumnya memanjang dan tegak pipih. Dalam hidupnya ikan ini suka sekali bergerombol bersama sejenisnya untuk mencari mangsa. Banyak masyarakat yang sudah mulai membudidayakan ikan emas jenis ini.

Baca Juga :   Penasehat Menteri KKP Prof. Rokhmin Dahuri Jelaskan Kelebihan Produktivitas Udang Vaname

Ciri utama dari ikan ini ialah bentuknya yang memanjang disertai sisik di sekujur tubuh. Sisik yang ada di tubuhnya sangat besar sehingga akan terlihat mencolok. Apabila sudah dewasa, ikan dengan sebutan latin Cyprinus carpio L. ini bisa tumbuh besar sebesar lengan orang dewasa.

Masyarakat sudah banyak yang membudidayakannya sebab perawatan untuk ikan tombro tidaklah sulit. Ikan tersebut tergolong rakus dan suka makan apa saja. Anda dapat membuat kolam dengan ciri seperti rawa maupun dengan kolam terpal.

Baca Juga :   Tentang Ikan Mujair, Salah Satu Jenis Ikan Tawar Lokal

Hal terpenting ialah adanya aliran air yang terus mengalir. Sebab ikan jenis ini sangat membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Maka dari itu Anda bisa menambahkan pancuran pada bagian tengah kolam. Usia panen yang ideal pada ikan yakni saat umur 3-4 bulan.

Banyak masakan lezat olahan dari ikan tombro. Kebanyakan masyarakat menyukai ikan ini karena dagingnya terasa nikmat. Selain itu, kandungan gizi dan omega 3 tinggi tentu membantu tumbuh kembang otak manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.