Mengenal Cabai, Komoditas Utama Pasar yang Paling Banyak Dicari

oleh -8 views
Cabai
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Semua orang pasti akan setuju apabila cabai dianggap sebagai komoditas yang paling banyak dicari di pasaran. Tumbuhan yang mampu menghasilkan rasa pedas ini merupakan bahan utama sambel yang menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Tumbuhan ini masuk ke dalam divisi terong-terongan dengan nama ilmiah Capsicum annum. Hampir semua daerah membudidayakan tumbuhan ini, bahkan menanamnya di sekitar rumah-rumah. Hal ini karena proses perawatannya juga sangat mudah dilakukan.

Ciri-ciri dari tumbuhan ini adalah memiliki batang yang lurus meskipun posisinya selalu menyimpang. Rantingnya terlihat tipis tetapi tidak mudah patah dan pada setiap rantingnya pasti dilengkapi dengan buah yang menggantung banyak.

Baca Juga :   Buah Kiwi, Sejarah dan Berbagai Kandungan Manfaatnya

Tinggi tumbuhan ini hanya sekitar 40-60 cm saja. Lahan yang paling cocok untuk membudidayakannya merupakan lahan dengan kandungan zat hara tinggi karena dengan kandungan tersebut, bisa dipastikan apabila tanahnya subur.

Untuk waktu normal, cabai bisa dipanen setelah berumur 5-7 bulan. Tandanya adalah buahnya yang semula berwarna hijau atau kuning, berubah menjadi lebih merah meskipun tidak keseluruhan. Cukup petik buahnya saja dan jangan potong bagian rantingnya karena nanti bisa tumbuh kembali.

Masa panen yang cukup cepat dengan jumlah yang banyak menjadikan banyak orang tertarik untuk membudidayakannya. Apalagi cabai sendiri merupakan bahan pokok makanan pedas yang mengandung banyak sekali vitamin C.

Komentar