Mengenal Buah Tropis Gandaria

oleh -15 views
Buah Gandaria
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, sehingga banyak tanaman buah-buahan yang tumbuh di sini. Beberapa buah bahkan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal manfaatnya sangat banyak, salah satunya adalah Gandaria.

Buah yang memiliki nama latin Bouea macrophylla ini juga memiliki nama lokal jatake. Di beberapa daerah, buah ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Seperti gandaria di Jawa, remieu di Gayo, barania di Dayak, pao gandari di Madura, wetes di Sulawesi, dan sebutan lainnya.

Tanaman buah Gandaria dapat memiliki tinggi hingga 27 meter. Lalu diameternya bisa mencapai 55 centimeter. Kemudian, saat muda, buahnya berwarna hijau, dan akan berwarna kuning saat sudah matang. Buah yang panjangnya antara 3-6 cm ini memiliki rasa asam dan ada juga yang manis.

Baca Juga :   Jerat Hukum Dengan Gugatan Pidana Pada Pelaku Pembakaran Hutan

Buah ini termasuk jenis tanaman yang pertumbuhannya cukup lama. Apabila Anda menanam dengan teknik sambungan, maka akan tumbuh buah 4-5 tahun kemudian. Namun jika Anda menanam dari biji, maka Anda bisa panen setelah tanaman berbuah, yaitu 6-8 tahun kemudian.

Buah ini dapat tumbuh subur di daerah atau negara dengan iklim tropis. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Negara yang menanam di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kemudian, di Indonesia tanaman ini tumbuh subur di daerah Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

Baca Juga :   Pohon Jati Kaya Manfaat Untuk Furniture

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai buah Gandaria. Buah tersebut memiliki banyak manfaat, seperti membuat sambal, dikonsumsi langsung, dibuat sirup atau selai, dan manfaat lainnya. Maka tak ada salahnya jika Anda lebih mengenal buah satu ini.

Komentar