Melati Gambir, Tanaman Perdu yang Menawan dan Bermanfaat

oleh -17 views
Melati Gambir
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Melati merupakan salah satu jenis tanaman hias yang termasuk ke dalam kelompok perdu. Tanaman ini mempunyai beragam spesies, seperti melati gambir, melati primrose, melati Italia, dan masih banyak lagi. Melati gambir menjadi salah satu spesies yang paling mudah ditemukan di sekitar.

Bunga yang memiliki nama latin Jasminum pubescens ini sejatinya tergolong melati hutan, sehingga dapat bertahan hidup tanpa harus diberikan perlakuan ekstra. Bentuk bunga ini seperti terompet. Warnanya beraneka ragam, tapi yang paling terkenal berwarna putih dengan aroma harum semerbak.

Baca Juga :   Panen Mangga Alpukat di Lumajang Meningkat, “Berkah” Musim Kemarau

Batang tanaman ini berwarna coklat dapat tumbuh hingga sekitar 5 meter. Karena termasuk jenis semak, batangnya memiliki banyak cabang yang permukaannya dililiti bulu halus. Adapun daun tanaman ini bentuknya oval dengan posisi menyirip dan agak bergelombang.

Melati gambir juga dapat dibudidayakan dengan melakukan pembibitan. Cara pengembangbiakannya melalui metode vegetatif berupa stek. Media tanam yang dibutuhkan adalah pot berisikan campuran pasir dan tanah. Tumbuhan ini bisa hidup pada dataran rendah hingga dataran tinggi.

Bunga melati ini biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bahan untuk pembuatan minyak wangi, industri kosmetik, dan lain-lain. Tidak hanya itu, bunga dan daun tanaman ini bisa juga digunakan sebagai obat untuk penyakit kulit.

Baca Juga :   Kentang, Tanaman Umbi-Umbian Alternatif Penghasil Karbohidrat

Melati gambir masih banyak yang hidup liar di hutan secara alami. Keberadaan tanaman ini perlu dikonservasi sehingga bisa tetap lestari hingga generasi mendatang, karena mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan.

Komentar