Louhan, Ikan Hias Terkenal yang Banyak Dipelihara

oleh -10 views
Ikan Louhan
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal ikan louhan? Sepertinya hampir semua orang mengenal ikan dengan tampilan fisik yang sangat indah ini. Terlebih, keberadaan memang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke seluruh pelosok dunia.

Saking populernya, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai ikan hias yang membawa keberuntungan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena ikan dengan nama ilmiah Amphilophus trimaculatus ini memiliki banyak mitos yang melekat.

Ciri-ciri yang paling menonjol terlihat dari tampilannya yang memiliki sentuhan warna sangat indah. Warna yang paling sering muncul biasanya didominasi oleh merah, baik itu yang tampak pekat ataupun cerah.

Baca Juga :   Luar Biasa, Potensi Besar Perikanan Di Provinsi Sulawesi Tengara

Di bagian tubuhnya juga terdapat sisik mutiara yang menjadikannya tampak berkilauan. Banyak orang yang mulai tertarik untuk membudidayakan ikan satu ini meskipun caranya bisa dibilang cukup rumit. Hal ini karena ikan louhan memiliki prospek yang sangat bagus apabila dibudidayakan.

Pada awalnya, ikan ini hanya terdapat di negara Malaysia dan Taiwan, tetapi seiring berjalannya waktu, banyak daerah lainnya yang mulai membudiyakannya. Telur ikan ini bisa menetas dengan cepat, yakni selama dua hari dan tumbuh besar dalam waktu sekitar 2 bulan.

Baca Juga :   Mari Mengenal Kepiting Soka

Sebagai ikan yang memiliki tampilan sangat cantik, louhan diklasifikasikan ke dalam ikan hias yang banyak dipelihara oleh orang-orang. Padahal, harga jual dari ikan ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Komentar