Lele, Ikan Populer Untuk Dibudidayakan

oleh -105 views
Lele
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Siapa sih yang tidak mengenal ikan lele. Kebanyakan dari Anda pasti mengenalnya. Ikan ini dikenal sangat digemari masyarakat mengingat dagingnya begitu lezat dan kaya akan gizi. Selain itu harga pasaran ikan yang satu ini juga sangatlah terjangkau.

Ikan dengan nama latin Clarias sp ini memiliki bentuk khas memanjang dengan patil dan kumis yang agak panjang. Kumisnya yang khas itulah sehingga di luar negeri banyak yang menyebutnya Catfish. Fungsi sungut pada Catfish sangat membantu dirinya dalam menemukan mangsa.

Lebih jauh, fungsi mata ikan ini memang tidak dominan mengingat sangat kecil. Lele juga dikenal bandel dalam hidup di perairan. Umumnya Anda dapat menemukan di sungai, rawa maupun danau. Ikan ini disebut sangat mudah di adaptasi sehingga banyak peternak memilih membudidayakannya.

Baca Juga :   Kini Hadir Aplikasi SatuAir Tempat Pecinta Ikan Hias Berkumpul

Meski harga dalam pasar tak terlalu mahal, budi daya ikan ini sangatlah menjanjikan. Catfish sendiri memiliki banyak jenis sehingga Anda bisa memilih sesuai yang ingin diternak. Pemilihan lokasi pun fleksibel, Anda bisa membuat di pekarangan rumah melalui kolam terpal.

Beberapa peternak bahkan ada yang menaruh di area persawahan saat kondisi air melimpah. Mudah beradaptasi sehingga Anda tidak akan kesusahan. Bahkan air yang keruh pun begitu di sukai ikan yang memiliki patil ini. Masa panen yang ideal ialah saat usia menginjak 3 bulanan.

Baca Juga :   KKP Terus Genjot Produksi Budidaya Ikan Kakap Di Provinsi Aceh

Kebutuhan ikan lele di pasar selalu stabil. Hal itu mengingat rasa ikan yang satu ini dikenal lezat dan bergizi tinggi. Dari pada terus membelinya, Anda tak salah jika ingin memelihara sendiri. Budi daya bisa dilakukan di manapun bahkan di sekitar area tempat tinggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.