Kopi, Biji Legendaris yang Menghasilkan Minuman Kesukaan Banyak Orang

oleh -79 views
ilustrasi kopi
Ilustrasi Biji Kopi - Foto : Pixabay

Panennnews.com – Kopi tergolong dalam tumbuhan biji-bijian yang mampu menghasilkan cita rasa minuman khas di seluruh dunia. Sebagai salah satu komoditas yang amat menguntungkan, tumbuhan ini telah dibudidayakan hampir oleh 50 negara di dunia.

Sejarah telah mencatat jika tumbuhan dengan nama ilmiah Coffea arabica ini ditemukan pertama kali oleh Bangsa Etiopia. Karena memiliki cita rasa yang unik, maka perkembangannya bisa dirasakan sampai sekarang dan bahkan menjadi minuman yang sangat populer.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri batang yang kokoh dan daun yang lebar. Daunnya memiliki warna hijau tua dan akan semakin cokelat apabila telah hampir siap untuk dipanen. Bagian bunganya memiliki aroma khas semerbak yang akan sangat tercium ketika musim berbunga.

Baca Juga :   Cara Merawat Bunga di Pot Agar Tumbuh Baik

Bentuk buahnya tampak bergerombol dengan jumlah yang banyak. Namun sayangnya tumbuhan ini hanya bisa dipanen sekali dalam jangka waktu satu tahun. Tanda apabila tumbuhan ini siap dipanen adalah daunnya mulai berwarna cokelat dan buahnya hitam pekat.

Persebaran tumbuhan kopi sudah sangat menyeluruh di berbagai daerah di Indonesia. Dibandingkan kawasan dengan dataran rendah, tumbuhan ini akan lebih cocok ditanam di dataran tinggi. Daerah di luar Pulau Jawa justru menjadi penghasil besar dari tumbuhan satu ini.

Hingga saat ini, tumbuhan ini telah menjadi salah satu tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan. Hal ini sangat wajar karena pencinta kopi di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Maka tidak mengherankan jika olahan tumbuhan ini menghasilkan cita rasa yang beragam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.