Ketahui Ciri-ciri Ikan Belida

oleh -1,201 views
Belida
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Belida merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai rasa nikmat jika diolah menjadi masakan. Hanya saja, saat ini keberadaan ikan ini semakin langka karena kian sedikit yang mengembangbiakkan. Habitat alami ikan ini adalah di sungai-sungai yang terdapat di Pulau Sumatera.

Ikan yang mempunyai nama latin Notopterus chitala ini mempunyai tubuh dengan punggung seperi pisau. Ikan dewasa mempunyai berat sekitar 1,5—1,7 kg. Badannya pipih dengan perut yang terdapat duri ganda. Ekornya memanjang dan terdapat banyak sisik kecil yang berbentuk sikloid.

Baca Juga :   Menteri KKP Sampaikan Jurus Hadapi Penolakan Produk Perikanan Indonesia di Pasar Global

Bagian rahang atas ikan ini memanjang sampai belakang mata atau bawah. Giginya yang berada di depan siap menyaring mangsa yang mendekat. Siripnya kecil, terletak di punggung dan ada pula yang terdapat pada perut.

Ikan belida termasuk jenis predator. Ikan ini hidup dengan memangsa ikan yang berukuran lebih kecil. Bagian bukaan mulutnya lebar yang dapat berfungsi untuk menangkap ikan sasaran. Ikan ini bisa tumbuh dengan baik pada air tawar yang bersuhu tidak terlalu panas.

ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Telurnya akan menempel pada permukaan dasar kolam atau ditempelkan pada batang. Dalam proses pembudidayaan, ikan ini bisanya menghasilkan telur sejumlah 288 butir dalam sekali pemijahan.

Baca Juga :   KKP Sesuaikan Harga Patokan Pemanfaatan Jenis Ikan Dilindungi

Ikan belida saat ini semakin sedikit keberadaannya. Hal ini dikarenakan penangkapan yang tidak ramah lingkungan terus dilakukan, sehingga menyebabkan eksistensinya kian terancam. Oleh karena itu, perlu langkah pelestarian lebih baik agar ikan unik ini tetap hidup sampai masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.