Kenali Mengenai Ikan Oscar Untuk Referensi Peliharaan Favorit

oleh -11 views
Ikan Oscar
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Memiliki laut yang sangat kaya menjadikan Indonesia memiliki berbagai jenis ikan, mulai dari yang sering ditemukan hingga yang langka. Oscar menjadi salah satu jenis ikan hias yang tidak bisa ditemukan di semua negara karena keberadaan memang mulai langka.

Hal yang menarik dari ikan ini adalah sifatnya yang cukup tempramental sehingga hanya direkomendasikan untuk dipelihara orang yang telah berpengalaman. Nama ilmiahnya adalah Astronotus ocelalatus yang termasuk dalam jenis-jenis ikan hias.

Ikan oscar memiliki ukuran sekitar 30 cm dengan ciri-ciri warna yang cukup bervariasi. Sifatnya yang tempramental menjadikan ikan ini tampak agresif. Selain itu, ikan ini juga termasuk dalam hewan omnivora yang artinya mampu memakan segalanya.

Baca Juga :   Mau Budidaya Ikan Gurame, Simak Cara Perawatannya Di Sini

Spesies ikan ini sebenarnya berasal dari negara Kolombia, Guyana Prancis, Peru, dan Brasil. Tak dapat dipungkiri apabila sebagian besar populasinya berasal dari Benua Afrika dan Amerika. Namun, seiring berjalannya waktu, ikan ini sudah banyak dibudidayakan di negara lainnya.

Kehidupan ikan ini hanya bisa terjadi di dalam jangkauan air tawar dan bukan jenis air lainnya. Biasanya, aquarium yang dibutuhkan memiliki ukuran yang cukup besar dengan tambahan berupa batu dan gua di dalamnya. Dalam satu aquarium kapasitas air yang ada di dalamnya minimal 208 l.

Baca Juga :   Mengenal Ikan Barbir, Si Mungil Nan Berkelompok

Apabila mampu merawatnya dengan baik, maka ikan oscar bisa bertahan hingga 20 tahun lebih lamanya. Bahkan sifatnya bisa berubah menjadi lebih jinak dan tidak lagi tempramental apabila telah lama bersama dengan pemiliknya.

Komentar