Ikan Tawes, Ikan Air Tawar Konsumsi

oleh -1,425 views
Ikan Tawes
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Sumber perairan Indonesia yang beragam membuat hasil perairannya pun beragam. Sebagai contoh, ikan misalnya. Ada ikan air tawar dan air laut. Diantara banyaknya ikan air tawar, salah satunya adalah ikan Tawes. Ikan ini merupakan ikan konsumsi yang kemudian banyak dikembangbiakkan.

Ikan dengan nama latin Barbonymus gonionotus ini merupakan ikan air tawar yang berukuran sedang. Panjang total tubuhnya adalah 330mm dengan tinggi tubuh 2,4-2,6. Di bagian batang ekor ikan ini dikelilingi oleh sebanyak 16 sisik.

Ikan yang juga dikenal dengan nama wader ini memiliki ciri-ciri badannya yang berbentuk memanjang dan pipih ke samping. Punggungnya berbentuk menyerupai busur dengan mulut yang berada di ujung terminal. Sisiknya berwarna putih keperakan dengan bagian punggung berwarna lebih gelap sementara bagian perutnya lebih putih.

Baca Juga :   Pesanan Bibit Nila Kekar Asal Malang, Tembus Hingga Mancanegara

Ikan tawes ini adalah ikan konsumsi yang juga dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi. Budidaya ikan ini tidak begitu sulit asalkan mengetahui bagaimana cara yang benar. Ikan yang siap panen mulai dari masa awal budidaya adalah hingga ikan berumur antara 4-6 bulan.

Meskipun merupakan ikan budidaya, ikan ini juga banyak ditemukan di alam. Habitatnya biasanya berada di kawasan dataran banjir, anak sungai hingga waduk dengan air yang diam dan menggenang. Persebaran alaminya bisa ditemukan di darah Jawa dan Sumatera, Semenanjung Malaya dan Sungai Mekong.

Baca Juga :   Mata Ikan Cupang Bengkak, Begini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Itulah tadi penjelasan tentang ikan tawes yang merupakan jenis ikan air tawar yang dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Mengetahui informasi tentang ikan ini akan memberikan wawasan lebih bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.