Ikan Mas, Ikan Air Tawar yang Populer Dibudidayakan

oleh -7 views
Ikan Mas
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Beternak ikan bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan. Apalagi ikan yang di pilih dibutuhkan pasar seperti ikan mas. Siapa sih yang tak tahu ikan berwarna cerah tersebut, tentu Anda semua tahu. Pangsa pasar untuk jenis ikan ini juga begitu luas dan sangat menjanjikan.

Bentuk ikan jenis mas sangat mudah dipahami. Umumnya berwarna cerah dengan sisik dominan di bagian tubuh. Ikan dengan nama latin Cyprinus caprio ini dikenal suka sekali bergerombol satu sama lain. Selain itu ikan jenis mas merupakan hewan yang rakus dan suka memakan apa saja.

Baca Juga :   Apa Perbedaan Jantan dan Betina Pada Kepiting Bakau? Simak Ulasannya

Ciri utama dari ikan mas ialah bentuk tubuhnya yang memanjang. Warna yang ada di tubuhnya pun begitu mencolok sehingga terlihat indah. Tak ayal banyak pula yang memilih memeliharanya sebagai ikan hias baik itu di kolam, taman maupun di akuarium.

Perawatan ikan jenis mas juga tidak sulit. Mengingat ikan ini tergolong rakus jadi Anda tidak hanya bisa memberikan pakan berupa pelet melainkan bisa dicampur dengan pakan lain seperti cacing ataupun dedaunan. Dengan begitu tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk peternak.

Baca Juga :   Begini Cara Mencegah Penyakit pada Ikan Nila

Lebih jauh hal paling penting untuk kehidupan ikan ini ialah setting kolam. Meski tidak ribet tapi Anda harus membuat air mengalir untuk tumbuh kembang ikan. Tak ayal bisa pula menambahkan pancuran pada kolam. Ikan bisa mulai di panen mulai pada usia 3-4 bulan.

Itulah informasi terkait ikan mas. Ikan jenis emas memang menawarkan keuntungan maksimal melalui peminat yang banyak dan perawatan yang tidak ribet. Anda juga bisa mengonsumsinya maupun menjadikannya ikan hias indah.

Komentar