Cempaka Telor, Bunga Berbentuk Unik yang Eksotik

oleh -361 views
Cempaka Telor
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Cempaka telor merupakan salah satu bunga cempaka yang dapat ditemukan di tanah Nusantara. Bunga ini masih satu keluarga dengan tanaman hias cempaka, meskipun bentuknya unik dan tidak sama dengan bunga cempaka pada umumnya.

Bunga ini memiliki nama latin Magnolia coco. Warna bunganya putih dengan bentuk kuncup yang mirip seperti isi kelapa bagian dalam. Pada siang hari kuncup bunga ini tertutup, biasanya terbuka ketika malam hari di mana pencahayaan sedikit.

Tanaman ini mempunyai ukuran pohon yang cukup kecil, berbeda dengan keluarga magnolia lain. Bagian bunga tanaman ini bisa ditemukan pada ujung pohon. Baunya harum mewangi yang bagi beberapa orang disebut terlalu menyengat.

Baca Juga :   Kebun Teh Lawang Jadi Ikon Agrowisata Jawa Timur

Cempaka telor dapat ditanam di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Tanaman ini bisa menghasilkan kuncup bunga ketika sudah berusia 9 bulan. Pertumbuhan bunga ini tergolong lambat sehingga membutuhkan perhatian lebih dalam hal pemberian nutrisi dan perawatan.

Bunga cempaka yang tumbuh di Nusantara beragam variasinya. menjadi salah satu kekayaan flora yang unik dan menarik. Tempat hidupnya yang ideal serupa dengan jenis cempaka pada umumnya, yaitu daerah beriklim tropis hingga subtropis dengan kelembapan sedang dan pencahayaan rendah.

Baca Juga :   Selain Cantik, Seruni Juga Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Cempaka telor ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias di Indonesia. Cukup banyak didapati bunga ini pada beberapa area taman hias karena keindahannya, apalagi ketika kuncupnya sedang mekar. Ada juga yang menjadikan kuncupnya sebagai bahan pembuat wangi-wangian karena aroma khasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.