Cempaka Kuning, Si Cantik yang Kaya Manfaat

oleh -644 views
Cempaka Kuning
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Cempaka kuning merupakan salah satu kekayaan flora khas Indonesia yang unik dan cantik. Bunga ini dapat ditemukan di beberapa daerah Nusantara, dan bisa bertahan hidup cukup baik pada daerah tropis maupun subtropis seperti Asia Selatan atau Asia Tenggara.

Bunga yang mempunyai nama latin Michelia champaka ini dikenal mempunyai aroma semerbak mewangi. Warnanya yang kuning cerah dipadukan dengan daun panjang lancip memberikan keindahan menawan ketika dipandang. Tanaman ini juga memiliki buah dan biji.

Bunga ini mempunyai kelopak dengan bentuk menyerupai tulip. Tumbuhan ini umumnya memiliki ukuran tinggi sekitar 15—25 meter. Pada bagian ujung rantingnya terdapat rambut dengan batang yang berwarna coklat agak keabu-abuan.

Baca Juga :   Buah Durian, Mengenal Musim Hingga Prospek Bisnisnya

Bunga cempaka kuning dapat menghasilkan biji dan bunga secara produktif pada usia dewasa, yaitu berkisar 6—12 tahun. Namun untuk melakukan perkecambahan tanaman ini cukup sulit. Adapun pertumbuhannya melalui proses pencernaan hewan yang disebut dengan istilah zoochory.

Tanaman ini mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Bunganya bisa digunakan sebagai wangi-wangian alami. Sementara itu, kulit akarnya telah dipercaya dapat membantu pengobatan infeksi pada saluran kandung kemih. Batangnya dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, mebel, dan lain-lain.

Bunga cempaka kuning cukup mudah ditemukan di berbagai daerah dengan nama berbeda-beda. Ada yang menyebutnya kembang kanthil (wilayah Jawa), ada pula yang menyebutkan campaka bodas (wilayah Sunda). Bunga ini menjadi kekayaan flora Nusantara yang harus dilestarikan eksistensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.