Black Ghost, Ikan yang Memiliki Fisik Unik

oleh -7 views
Black Ghost
Foto : Istockphoto

Panennews.comBlack Ghost, nama ikan ini mungkin terdengar menyeramkan. Padahal kenyataannya justru sebaliknya. Ikan ini cukup ramah dan mempunyai daya tarik tersendiri yang menjadikannya banyak diminati pecinta fauna. Ikan ini hidup di berbagai tempat di belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Ikan yang mempunyai nama latin Apteronotus Albifrons ini biasa juga dijuluki dengan nama ikan pisau. Hal ini dikarenakan bentuk tubuhnya menyerupai pisau. Warna hitam, pipih, dan sedikit bentuk pipih pada sirip di atas dan bawahnya membuat ikan ini seperti pisau hitam yang berenang.

Baca Juga :   Ungkap Penyebab Mamalia Laut Terdampar, KKP Libatkan Dokter Hewan dan Peneliti Oseanografi

Selain didominasi oleh warna hitam kusam, tubuh ikan ini juga memiliki sedikit corak putih terutama pada bagian ekor. Ketika berenang, ikan ini mahir membelokkan tubuhnya sehingga ada juga yang menjulukinya ikan tari balet. Bentuk tubuh ikan ini memang lentur, sebagaimana penari balet.

Tidak hanya memiliki bentuk fisik yang unik, ikan Black Ghost juga banyak dinikmati karena pola hidupnya yang mudah dipelihara. Meskipun sejatinya tergolong ikan air tawar yang terbiasa hidup di alam, tidak sulit untuk mengembangbiakkan ikan ini.

Baca Juga :   Ikan Platy, Si Gembul yang Produktif

Ada berbagai jenis ikan ini yang bisa dijumpai di Indonesia. Mulai dari ikan nokturnal yang hanya aktif saat malam hari, ikan tembam yang bagian bawah tubuhnya lebih kecil dari bagian atas, dan lain-lain. Bagian sirip ikan ini tipis seperti kain sehingga cukup lihai dalam berenang.

Black Ghost dapat menghasilkan sengatan listrik. Mungkin belum banyak yang mengetahui hal ini, karena si ikan hanya akan mengeluarkan “jurus” tersebut dalam kondisi terdesak. Ikan ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga tidak akan menyulitkan saat dibudidayakan.

Komentar