Beefalo, Sapi Besar Persilangan Kerbau

oleh -1,143 views
Beefalo
Foto : Cattle International Series

Panennews.com – Persilangan dalam hewan sudah biasa dilakukan peternak di era modern ini. Lalu bagaimana bila sapi Australia di kawin silangkan dengan kerbau Amerika?. Persilangan eksperimental demikian ternyata melahirkan jenis sapi unggulan lain bernama beefalo.

Bentuk sapi jenis ini nampak tak jauh berbeda dari umumnya dan sudah dikenal oleh masyarakat Australia. Sedangkan di Indonesia belum banyak yang memeliharanya. Hal itu disebabkan bibit asli sapi jenis tersebut yang belum banyak beredar.

Ciri utama beefalo dapat terlihat dengan tampilan seperti layaknya sapi lokal namun berkulit warna seperti kerbau. Pada bagian daging, sapi beefalo menghasilkan daging kualitas tinggi. Di berbagai pasar di Australia bahkan sangat laris untuk di minati.

Baca Juga :   Ini Dia Ayam Plymouth Rock dan Keunggulanya

Daging dari sapi jenis ini layaknya perpaduan padu dari sapi dan kerbau. Adanya keturunan kerbau membuat daging tidak berlemak sehingga terlihat lebih cantik. Tanpa adanya lemak pun membuat kualitasnya tinggi serta menyehatkan.

Saat ini belum banyak yang memilih membudidayakan sapi jenis ini. Kendala terbesar terdapat pada pencarian benih yang masih tergolong minim. Mengenai perawatan sebetulnya tak jauh berbeda dengan pemberian jenis ransum dan konsentrat yang rutin akan membuat pertumbuhannya berjalan cepat.

Mengingat daging beefalo yang berkualitas tinggi maka tak salah jika Anda ingin membudidayakannya. Sapi persilangan yang pertama di munculkan di Australia ini mampu memiliki bobot seberat 400 kilogram pada usia dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.