Bawang Putih, Bumbu Dapur yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat

oleh -9 views
Ilustrasi Bawang Putih Foto pinterest
Ilustrasi Bawang Putih - Foto : pinterest

Panennews.com – Bawang putih merupakan bagian dari umbi-umbian yang telah digunakan manusia bahkan selama lebih dari 7.000 tahun lamanya. Tumbuhan ini menjadi salah satu campuran masakan atau bumbu dapur yang dapat menghasilkan rasa gurih dan nikmat.

Bentuknya mirip seperti buah labu hanya saja terdiri dari beberapa siung. Nama ilmiahnya adalah Allium sativium yang di dalamnya terkandung berbagai macam manfaat. Apabila hanya dimakan biasa, maka akan terasa getir dan pahit.

Tinggi tumbuhan ini paling maksimal hanya sekitar 60 cm saja. Jenis akar yang dimiliki adalah serabut dengan ujung pangkalnya menyembul siung. Ciri khas paling unik dari bawang putih adalah adanya kulit luar yang tampak kemerisik.

Baca Juga :   Perempuan Tani Banten Apresiasi Perhatian Pemprov Banten di Bidang Pertanian

Hampir semua daerah di Indonesia merupakan tempat yang bagus untuk membudidayakan tumbuhan satu ini. Hal yang terpenting adalah mampu memilih bibit berkualitas sehingga pertumbuhannya sudah bisa dijamin.

Penentuan masa panen tumbuhan ini tergantung pada jenis bibit yang dipilih. Namun, secara umum masa panen bisa dilakukan setelah perawatan selama 100-120 hari. Ciri apabila tumbuhan ini sudah siap untuk dipanen adalah warna daunnya yang semula hijau langsung berubah menjadi cokelat tua.

Petani bawang putih di Indonesia jumlahnya sudah sangat banyak. Kualitas hasil panen yang dimiliki juga bagus terbukti dengan meningkatnya komoditas penjualan bumbu masak satu ini. Terlebih manfaatnya yang tidak hanya sebagai bumbu masak membuatnya semakin diburu banyak orang.

Komentar