Bawang Merah, Bumbu Masak Sehari-hari yang Wajib Ada

oleh -10 views
Bawang Merah
Foto : Getty Images

Panennews.com – Indonesia merupakan negara dengan tanah gembur yang sangat luas. Hampir di semua daerah merupakan tempat yang bisa ditanami dengan subur. Bawang merah yang merupakan tumbuhan subtropis juga bisa tumbuh dengan baik di Indonesia.

Tumbuhan ini tergolong dalam wujud umbi-umbian yang secara umum berwarna merah muda seperti namanya. Tumbuhan dengan nama ilmiah Allium cepa ini memiliki banyak sekali manfaat, baik sebagai bumbu masak ataupun obat-obatan.

Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang sangat panjang, yakni sekitar 30-50 cm. Pada masing-masing daun tersebut terdapat bunga majemuk yang berisi sekitar 50-200 kuntum. Dari jumlah kuntum tersebut di dalamnya terdapat bawang merah dengan ukuran standar.

Baca Juga :   Memberdayakan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Saat Era Pandemi Covid-19

Bentuk buahnya tampak bulat tetapi tumpul di bagian atasnya. Pada bagian buahnya, terdapat beberapa biji yang nantinya bisa digunakan untuk bibit generatif, artinya penanaman kembali tumbuhan ini agar bisa tumbuh dengan baik.

Daerah yang paling banyak menghasilkan komoditas tumbuhan satu ini adalah Pulau Jawa. Sebenarnya, tumbuhan ini tidak membutuhkan lahan khusus untuk membudidayakannya, asalkan tanahnya gembur dan mendapatkan curah hujan yang cukup maka sudah akan sangat bagus.

Sudah ada banyak petani yang memilih untuk membudidayakan bawang merah satu ini. Hal tersebut selain karena merupakan kebutuhan pokok memasak sehari-hari, keuntungan yang dihasilkan juga cukup menjanjikan sehingga banyak yang ingin mencobanya.

Komentar