Asam Jawa, Tanaman Berbuah Asam Namun Mudah Tumbuh Subur

oleh -13 views
Asam Jawa
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Saat memasak sayur asam, salah satu bahan utama yang tidak boleh ketinggalan adalah buah asam jawa. Buah berwarna coklat inilah yang akan menghasilkan cita rasa asam nan segar pada sayur asam. Pohon dari buah asam ini pun banyak dijumpai di Indonesia sehingga tidak sulit mendapatkan buahnya.

Pohon yang memiliki nama latin Tamarindus indica ini adalah tanaman yang masuk dalam suku Fabaceae dan satu-satunya marga Tamarindus. Masyarakat Indonesia memiliki beragam nama untuk tanaman ini.

Pohonnya memiliki ciri-ciri tumbuh tegak dan merupakan tanaman berkayu. Bagian pohon ini yang bisa dimanfaatkan adalah buah dan daunnya yang masih muda. Buahnya berwarna hijau kecoklatan dan terdapat biji di dalamnya. Buahnya dibungkus oleh cangkang atau kulit yang sedikit keras.

Baca Juga :   Bunga Matahari Juga Bisa Menghasilkan Minyak Yang Kaya Manfaat

Budidaya pohon asam Jawa ini tidaklah terlalu sulit. Dibutuhkan waktu mulai dari 4-5 tahun sampai bunga pertama mulai mekar dan berbuah. Setelah itu, buah asam akan mulai matang sebelum musim hujan. Dalam satu kali panen, saat kondisi optimal, hasil panen yang dihasilkan bisa mencapai 170kg.

Tanaman asam ini asalnya dari Benua Afrika meskipun belum bisa dipastikan tepatnya. Pohonnya dapat tumbuh subur di daerah dengan musim kering yang relatif panjang dan jelas. Pohon ini juga bisa tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 1.000-1.500m. Tanaman asam ini pun bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi dan beberapa daerah lain.

Baca Juga :   Nusatic dan Trubus Agro Expo 2019 di Gelar pada 29 November - 1 Desember

Indonesia kaya akan tanaman rempah dan juga tanaman obat. Salah satunya asam Jawa ini yang sering dimanfaatkan untuk obat maupun bumbu. Meskipun rasanya asam, namun tanaman ini mudah dijumpai karena pembudidayaannya tidak terlalu sulit.

Komentar