Arwana, Ikan Hias yang Disebut Ikan Naga

oleh -10 views
Ilustrasi Ikan Arwana
Ilustrasi Ikan Arwana - Foto : Pixabay/@zoosnow

Panennews.com – Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan sebagai ikan hias karena mempunyai nilai ekonomi tinggi. Persebaran ikan ini di seluruh dunia cukup banyak, mulai dari Australia, Amerika Seltan, Afrika, hingga Asia.

Ikan ini ada banyak variasinya. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada lima jenis yang paling banyak dibudidayakan. Mulai dari jenis Super red, Papua, Banjar, GoldenPino, dan Red Tail Golden. Setiap ikan tersebut mempunyai ciri khas yang beragam.

Secara umum ikan arwana mempunyai tubuh dengan badan panjang berwarna perak. Posisi sirip duburnya jauh di belakang, sehingga seringkali diibaratkan seperti bentuk naga. Oleh karena itu ikan ini pun disebut juga ikan naga. Warna ikan ini ada yang hijau, emas, emas berekor merah, dan merah.

Baca Juga :   Ternyata Nama Ikan Mujair Diambil Dari Nama Asli Orang Indonesia

Ikan ini hidup para perairan air tawar. Di Indonesia, habitat alami ikan ini adalah perairan tepi sungai yang biasanya ditumbuhi pepohonan. Namun ikan ini juga bisa dibudidayakan pada kolam buatan atau diletakkan pada akuarium.

Ikan ini berkembang biak sama seperti ikan pada umumnya. Dimulai dari pemijahan dan pembesaran oleh induk. Ketika sudah dewasa, ikan ini akan mencari perlindungan pada area habitat yang terdapat cabang atau akar-akar pepohonan.

Arwana cukup mudah dalam hal pembudidayaan. Maka tidak heran, dari dulu hingga kini ikan ini seolah menjadi primadona ikan hias. Selain dikarenakan bentuknya yang bervariasi dan unik, ikan ini pun mempunyai pola hidup yang relatif tenang sehingga mudah dibudidayakan.

Komentar