Arapaima, Ikan Primitif yang Masih Hidup di Dunia

oleh -12 views
Arapaima
Foto : Getty Images

Panennews.com – Berbeda dari jenis ikan lain, Arapaima merupakan ikan primitif yang masih tersisa di bumi. Artinya ikan ini sudah ada sejak jaman purba kala. Habitat aslinya yakni berada di perairan sungai Amazon Brazil. Hewan ini dikenal sebagai predator raksasa yang masih tergolong ikan air tawar.

Bentuk tubuh ikan dari Amazon ini begitu khas dengan panjangnya yang mampu mencapai 3 meter. Berat ikan pun dapat mampu lebih dari 100 kg. Beberapa masyarakat sudah banyak yang mengoleksinya sebagai ikan hiasan di rumah.

Baca Juga :   Menelisik Ikan Nilem, Ikan Mungil Perairan Pulau Jawa

Ciri utama hewan yang juga bernama latin Arapaima Gigas ini ialah bentuk tubuh yang panjang besar. Sisik cikoid juga menempel pada setiap bagian. Lebih jauh, di beberapa bagian badan terdapat sisik menyala berwarna merah yang menambah eksotis hewan purba yang satu ini.

Memelihara ikan primitif ini tidaklah mudah. Setidaknya butuh akuarium raksasa agar ikan ini bisa tumbuh tenang dan tidak setres. Anda bisa memberinya makan daging mentah maupun ikan hidup langsung. Hal itu membuat ikan ini begitu agresif di habitat aslinya.

Baca Juga :   Keren, Mahasiswa Ini Ubah Tulang Ikan Jadi Kudapan Yang Lezat

Bentuknya yang besar dan eksotik membuat ikan ini banyak di buru saat ini. Tak ayal jumlah populasinya kian merosot dari tahun ke tahun. Jika dibiarkan tentu akan mengancam populasinya. Pada habitat asli ikan ini memang sering muncul di permukaan sebab membutuhkan oksigen berlebih.

Kini populasi Arapaima gigas kian menyusut sehingga butuh konservasi khusus agar tak punah. Beberapa kebun binatang sudah banyak yang memamerkannya. Sehingga bagus untuk menjaga populasi.

Komentar