Alat Pemotong dan Pembalik Tanah Pertanian, Bajak Singkal

oleh -40 views
Bajak
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Dalam pengolahan tanah pertanian, ada banyak alat pengolah yang digunakan oleh para petani guna meringankan dan memudahkan tugasnya. Diantara beberapa tempat pengolah tanah yang ada dengan berbagai fungsinya, salah satu yang cukup sering dijumpai adalah bajak singkal.

Alat pengolah tanah satu ini secara umum dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu jenis bajak satu arah dan bajak dua arah. Terdapat beberapa komponen penting pada alat ini, dimana bagian paling penting bernama bottom. Kemudian diikuti dengan bagian lain berupa singkal, pisau dan landside.

Baca Juga :   Jarang Dilirik, Potensi Besar Jewawut Sebagai Sumber Pangan Nasional

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bagian paling penting pada alat pengolah tanah ini adalah mata bajak. Bentuk singkal ini dibuat bervariasi sesuai kebutuhan dan keadaan tanah. Beberapa diantaranya dibuat berupa irisan yang berbentuk tabung. Sedangkan lainnya biasanya berbentuk spiral.

Fungsi utama dari bajak singkal ini adalah untuk pengolahan tanah, terutama untuk membalik tanah. Tak hanya itu, alat ini juga berfungsi untuk memotong tanah secara vertikal. Sedangkan bagian singkalnya berfungsi untuk menghancurkan kemudian membalik tanah tersebut.

Cara kerja dari alat ini tak lepas dari bentuk bagian bottomnya. Bagian pisau bajak bersifat tajam yang berfungsi untuk memotong tanah, kemudian dilanjutkan dengan singkal yang berperan untuk membalik tanah. Saat bajak bergerak maju, tanah yang sudah terpotong akan otomatis diangkat kemudian dibalik dan dilempar.

Baca Juga :   Bukan Cuma Manusia, Padi dan Palawija Juga Punya Kalender Sendiri

Pengolahan tanah pertanian sebelum ditanami adalah salah satu tahap penting. Ketika pengolahan tanah dilakukan dengan benar, maka akan hasil pertanian yang didapat pun lebih baik. Karena itu penggunaan alat pertanian modern seperti bajak singkal ini diperlukan.

Komentar