Urban Farming Solusi Berkebun Di Kota Metropolitan

oleh -8 views
tanaman hidroponik
Model Menanam Dengan Cara Hidroponik. - Foto:Faisol/Panennews.com

Panennews.comUrban farming adalah sebuah konsep perkebunan sederhana dengan memanfaatkan lahan terbatas di kota-kota besar. Konsep ini menjadi sebuah tren tersendiri tak hanya untuk penggiat peduli lingkungan yang, tetapi juga untuk sebagian masyarakat.

Hingga saat ini urban farming pun berkembang secara masif menjelma menjadi tren gaya hidup Masyrakat perkotaan. Berkebun di lahan sempit atau di lingkungan rumah perkotaan dapat di artikan beriringan dengan semangat masyarakat kota untuk menjaga lingkungan serta pola hidup sehat.

Baca Juga :   Nilai Ekspor Komoditi Pertanian di Bali Tembus 179%

Sebagian masyrakat beranggapan bahwa hasil panen dari sistem ini yang di tanam secara mandiri lebih lebih menyehatkan. Karena sepenuhnya menerapkan sistem penanaman organik, sehingga jauh dari kimia dan pestisida sintesis. Selain itu, urban farming pertanian dan perkebunan di kota biasanya dengan sistem hidroponik, sehingga akan dengan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Namun apabila dilihat dalam jangkauan yang lebih luas, urban farming memiliki dampak yang lebih besar bagi kelangsungan hidup masyarakat perkotaan. Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa urban farming dapat menjadi konsep pertanian ideal di masa depan.

Baca Juga :   Langkah Mudah Tanam Cabe Keriting yang Baik dan Benar

Salah satu dampak positifnya adalah memelihara lingkungan udara yang bersih di perkotaan. Lebih lanjut sistem ini juga dapat meningkatkan ekosistem dan kestabilannya sehingga dapat membantu menyehatkan masyarakat.

Konsep urban farming yang menawarkan solusi dengan menciptakan lahan terbuka hijau ditengah padatnya bangunan perkotaan. Yaitu mengelola wilayah perkotaan yang tercemar menjadi lingkungan yang nyaman dan sehat untuk ditinggali.

Komentar