Ternyata Manggis Mampu Mengurangi Emisi Karbon

oleh -61 views
Ilustrasi Buah Manggis
Ilustrasi Buah Manggis - Foto : Freepik/@jcomp

Panennews.com – Dampak lingkungan akan emisi karbon terkadang menjadi kendala tersendiri, khususnya di wilayah perkotaan. Ada banyak cara untuk menguranginya, salah satunya dengan memperbanyak tanaman, area hijau, hingga hutan kota.

Tentunya pepohonan tersebut mampu menyerap emisi seperti karbon dioksida (CO2). Namun apakah anda tahu bahwa ragam tanaman yang ada, ternyata tanaman manggis ini cukup baik untuk menyerap emisi tersebut.

Di kutip dari laman Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian bahwa tanaman manggis tidak saja menguntungkan dalam nilai ekonomi semata, tetapi juga cukup baik untuk menyerap emisi karbon.

Baca Juga :   Wujudkan Ketahanan Pangan, Dandim 1621/TTS Resmikan Pompa Hidram

Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman menjelaskan bahwa manggis juga baik untuk konservasi. Tanaman pelindung kota, memperbaiki kualitas lingkungan karena sifatnya yang every green, akarnya kokoh serta batangnya kuat dan elestis. Sangat potensial untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon.

Menurut Data Pusat Statistik tahun 2018, Indonesia mempunyai sekitar 2.1 juta pohon manggis. Jika dalam satu pohon manggis saja mampu menyerap sekitar 10 kg karbon, maka sejatinya pohon ini dapat mengurangi emisi sampai dengan 21.000 ton CO2.

Baca Juga :   Wah, Ternyata Aroma Wanginya Kue Karena Daun Ini

Tanaman manggis memang terkenal dengan umurnya yang panjang, bahkan bisa sampai ratusan tahun. Dalam proses hasil panennya minimal dibutuhkan waktu 2-3 tahun pasca tanam.

Tanaman ini juga membutuhkan tanaman peneduh untuk fase awal, yaitu antara umur 0-3 tahun sejak di tanam. Tanaman sela seperti albasia, pisang, maupun pepaya dapat dimanfaatkan untuk para petani agar mendapatkan hasil lain sebelum manggis berbuah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.