Tak Sangka, Biji Kelor Juga Bisa Diekspor

oleh -79 views
Dok. Badan Karantina pertanian
Dok. Badan Karantina pertanian

Panennews.com – Mungkin saja Anda cukup familiar beberapa komoditi yang diekspor dan diperdagangkan ke pasar internasional. Ada buah-buahan seperti apel. pisang, salak, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, ada hal yang berbeda dan cukup unik yaitu eksport biji kelor. Mengutip laman resmi Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Cilacap (Senin, 20/04) baru-baru ini ada seorang warga yang ekspor biji kelor.

Setidaknya ada sebanyak 3.5 kilogram biji kelor kering yang di periksa oleh Badan Karantina Pertanian Cilacap. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa biji kelor kering tersebut benar-benar terbebas dari Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Baca Juga :   Kampung Nelayan Maju, Upaya KKP Tingkatkan Taraf Hidup Nelayan

Adalah Haryadi warga yang mengirimkan biji kelor kering tersebut dengan tujuan ke Hongkong. Ia tidak mengekspor biji kelor tersebut untuk tujuan bisnis maupun perdagangan. Akan tetapi hanya untuk konsumsi pribadi saja.

“Ekspor biji kelor ini baru pertama kali saya lakukan, karena ada permintaan dari saudara di sana,” Ungkap Haryadi yang dikutip dari laman Badan Karantina Pertanian Cilacap.

Wah…bisa jadi ide menarik yah, barangkali nantinya biji kelor kering yang kaya akan vitamin ini bisa dijadikan komoditi ekspor dengan nilai ekonomis tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.