Sosok Sukses Vita Krisnadewi, Inovator Model Peternakan Modern

oleh -5,787 views
Vita Krisnadewi
Vita Krisnadewi - Dok. Istimewa

Awalnya, ia merupakan staff dosen pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Provinsi Kalimantan Timur. Keadaan kesehatan anaknya di tahun 2013 membuat Vita memutuskan untuk tidak mengajar lagi (resign).

Setelah tidak menjadi dosen, perempuan 44 tahun ini memikirkan bagaimana mengaplikasikan ilmunya tersebut agar lebih bermanfaat. Maka di tahun-tahun berikutnya ia mulai menjajal sendiri usaha peternakan dengan berbagai inovasi.

Jenis Ternak

Hewan yang ada pada Sinatria Farm ini diantaranya Domba Ekor Tipis, Domba Ekor Gemuk, Domba Garut, maupun Domba Garut Sayur. Ada sekitar 270 lebih ekor domba yang diternakan pada peternakan di Sleman, Jogjakarta ini.

Baca Juga :   Apresiasi Pada Kementan Atas Capaian KUR Pertanian

Pada proses pemeliharaanya ada berbagai cara mulai pembibitan hingga penggemukan. Pada proses pembibitan, ia mencari jenis domba betina siap kawin. Sedangkan proses penggemukannya diambil dari peternak untuk hewan usia lepas sapih selama 3 bulan.

“Maka breeding induk bunting 145-152 hari, menyusui 3 bulan, oleh karenanya perlu dibuatkan 8 blok kandang 19.” Jelasnya.

Dari sisi pakan, saat proses pembibitan menggunakan konsentrat dan rumput. Adapun pada saat penggemukan dengan menggunakan full complete feed yang ia produksi sendiri (Sinatria feed).

Untuk pemenuhan gizinya, perempuan asal Jogja ini menghitung kebutuhan masing-masing ternak per-ekor setiap harinya. Kemudian disediakan gizi tersebut sesuai kebutuhan ternak sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga :   Pemuda Tangerang Bongkar Tips Ternak Puyuh Hias

Pada sisi pencegahan penyakit pada hewan, ia selalu menerapkan kebersihan kandang dan pengamatan pada ternak setiap harinya. Untuk mengantisipasi penyakit, disediakan obat dan vitamin. Jika hal itu masih kurang, maka ia akan berkonsultasi dengan tenaga medis hewan setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.