Sosok Sukses Vita Krisnadewi, Inovator Model Peternakan Modern

oleh -1.792 views
Vita Krisnadewi
Vita Krisnadewi - Dok. Istimewa

Panennews.com – Vita Krisnadewi merupakan salah satu sosok perempuan yang berkontribusi dalam dunia peternakan Indonesia. Perempuan kelahiran Bantul, 44 tahun yang lalu ini memulai terjun ke dunia peternakan dari tahun 2016.

Akan tetapi, di tahun tersebut ia belum sepenuhnya fokus ke peternakan. Barulah di tahun 2017, sosok ibu 4 anak ini mendirikan CV.Sinatria Davendra yang salah satu unit usahanya berupa peternakan domba Sinatria Farm.

Memulai di tahun 2016 akan tetapi mengalami kegagalan dan kerugian puluhan juta rupiah karena mis-management. Dengan support dari suami, kegagalan tidak membuatnya patah arang dan memulai kembali beternak domba th 2018. Kali ini Vita terjun langsung mengelola peternakannya dan memberinya nama Sinatria Farm

“Sejak anak sembuh 2016, memulai beternak, tetapi tidak turun langsung, karena kurang baik nya manajemen ternak saat itu. Dan di tahun 2018 memulai kembali dengan mendirikan Sinatria Farm, tentu dengan fokus di pemantapan personalia dan SOP (standart operational procedure).” Ujarnya.

Resign Sebagai Dosen

Ketertarikannya kepada dunia peternakan bermula ketika ia menganalisa bahwa kebutuhan daging di Jogjakarta masih belum tercukupi. Khususnya untuk kebutuhan kuliner, usaha katering, maupun saat kebutuhan domba tinggi pada musim hari raya Idul Adha.

Selain itu, istri dari M. Rozai ini juga menganggap bahwa pelaku pembibitan ternak di Kota Pelajar ini banyak yang sudah pensiun, sedangkan gerasi penerusnya yang terbilang sedikit. Oleh karenanya, perempuan alumnus Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada ini semakin mantap untuk menjalani usaha ini.