Si Kecil Banyak Manfaat, Kacang Merah

oleh -306 views
Kacang Merah
Foto : Getty Images

Panennews.com – Tanaman kacang-kacangan yang ada di Indonesia begitu banyak. Salah satu yang sering dimanfaatkan untuk membuat beragam kuliner adalah kacang merah atau yang juga dikenal dengan kacang jogo. Tanaman yang tergolong dalam kategori semak ini memang membutuhkan perawatan khusus.

Tanaman kacang merah yang juga dikenal dengan nama latin Phaseolus vulgaris ini merupakan tanaman semak rambat. Karena itu ketika menanam tanaman ini harus disediakan penyangga untuk tempatnya tumbuh. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 3.5-4.5m.

Baca Juga :   5 Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Buah dari kacang jogo ini berbentuk memanjang di dalam polong. Di dalam setiap polong biasanya berisi 2 sampai 3 biji kacang. Bijinya berukuran lebih besar jika dibandingkan kacang hijau atau biji dari kacang panjang. Sesuai namanya, kulit bijinya berwarna merah. Apabila dikupas, biji kacang di dalamnya berwarna putih.

Tanaman kacang merah ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Masa tanamnya pun tidak terlalu lama. Hanya dibutuhkan sekitar 2.5 bulan dari masa tanam agar tanaman ini bisa dipanen. Perawatannya harus intensif dengan masa penyiraman sehari 2 kali selama 60 hari.

Baca Juga :   Antisipasi Krisis Pangan dan Energi HUT NTT Dirayakan Dengan Tanam Jagung dan Sorgum

Kacang Jogo ini bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah tropis maupun daerah sub tropis. Di Indonesia sendiri, daerah penghasil tertinggi tanaman ini berada di daerah lembah Sumbing-Sindoro. Ada pula di daerah lembah di Temanggung dan Wonosobo.

Kacang merah biasanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai produk olahan. Manfaat yang diberikannya membuat tanaman ini terus dibudidayakan. Bahkan di negara-negara Asia Timur, kacang ini pun sering diolah menjadi beragam olahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.