Semarang Siap Masuki Puncak Panen Raya Bulan Ini

oleh -35 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Provinsi Jawa Tengah termasuk dalam kategori daerah yang terpapar Covid-19. Akan tetapi di tengah wabah virus corona tersebut, sektor pertanian khususnya padi akan memasuki masa panen raya pada bulan April dan Mei 2020.

Salah satu kecamatan yang akan memasuki panen raya yaitu Kecamatan Kaliwungu. Kecamatan ini pada bulan April ini akan melakukan panen seluas 483 ha yang tersebar di 8 desa. Dengan produktivitas rata-rata sebesar 7,9 ton/ha maka Kecamatan Kaliwungu akan memberikan kontribusi produksi padi untuk Kebupaten Semarang sebesar 3.815 ton gabah kering giling.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Semarang, Wigati Sunu menjelaskan bahwa untuk bulan April ini ada peningkatan luas area panen dibanding bulan Maret lalu. Tercatat untuk bulan Maret ada sekitar 2.800 ha dan bulan April mencapai 4.800 ha, sedangkan pada bulan Mei dipridiksi masih ada panen raya sekitar 2.600.

“Dari luas panen tersebut, produksi padi di Kabupaten Semarang bulan ini akan tercapai sekitar 23 ribu ton gabah kering giling atau setara 13.600 ton beras dengan harga sekitar Rp 4.200 perkilogram,” ujarnya.

Baca Juga :   Ini Dia Cara Pencegahan Covid-19 Untuk Para Petani

Lebih lanjut dalam melaksanakan budidaya pertanian khususnya di tengah wabah Covid 19, Sunu menuturkan bahwa Dinas Pertanian selalu mengingatkan agar para petani selalu menerapkan social distancing dan social physica.

“Para penyuluh di lapangan meminta petani tidak berkerumun dan mengatur jarak antar petani minimal 1 sampai 2 meter, serta himbauan untuk selalu memakai masker,” katanya.

Lebih lanjut Sunu mengungkapkan upaya yang dilakukan daerahnya tentunya mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pertanian (Kementan). Untuk Kecamatan Kaliwungu saja sudah banyak bantuan yang diterima mulai dari bibit, alat mesin pertanian, mesin penggilingan/RMU dan bantuan asuransi hingga dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Yang paling penting adalah sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam membangun pertanian. Kami ingin masa panen raya seperti saat ini masyarakat memperoleh pangan dengan mudah, namun petani tetap mendapatkan harga yang menguntungkan,” terangnya.

Di tempat terpisah Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan panen raya di Kabupaten Semarang sudah dimulai sejak Maret dan Semarang termasuk salah satu sentra padi Provinsi Jawa Tengah dan nasional. Kementan menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dan petani tetap panen untuk menghasilkan beras berkualitas.

Baca Juga :   Millenial Membangun Desa Secara Mandiri Dengan Digital

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pertanian atau penyediaan pangan tidak boleh berhenti terutama dalam melawan masa wabah virus corona. Ini saatnya kita menjadi pahlawan pangan untuk menyelamatkan bangsa. Pastikan jangan sampai ada pangan yang tertahan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Suwandi menegaskan Kementan bersama dengan pemerintah daerah dan para mitra akan terus menjaga stok apalagi menjelang bulan puasa. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, ketersediaan, distribusi dan harga pangan selama pandemi Covid-19 harus aman termasuk beras, bebab beras merupakan komoditas pangan paling utama.

“Langkah lain untuk menghadapi musim panen yaitu dengan Komando Strategi Penggilingan Padi sebagai ide Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menjaga kestabilan harga saat puncak panen raya. Terobosan ini bisa menyerap gabah langsung dari petani, dan baru-baru ini Kemendag juga mengeluarkan harga gabah baru dan kami berharap Bulog bisa menyesuaikan peraturan tersebut,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.